Senin, 13 September 2010

CARA MENGGANTI HURUF GOOGLE

Salah satu situs search engine terbesar di jagad raya ini memang situs yang paling banyak dikunjungi oleh para netter di seluruh dunia untuk mencari hal hal yang diinginkannya. Situs yang menduduki peringkat nomor wahid versi alexa.com ini terbilang cukup mudah dikunjungi karena tidak perlu mendownload page html yang besar. Bagi anda yang sering membuka halaman Google, mungkin anda merasa bosan dengan tulisan pada logo Google yang hanya terdiri dari enam huruf itu (G-O-O-G-L-E), pasti sempat terlintas di benak anda untuk mengganti huruf-huruf tersebut dengan kata-kata anda sendiri, misalnya keenam huruf Google anda ganti dengan anda nama anda.

Jika anda ingin mengganti logo ini, caranya sangat mudah, bahkan jika sudah diganti, kata-kata tersebut juga bisa diganti kembali menjadi kata lain sesuai keinginan anda.

Perlu diketahui bahwa cara ini hanya berfungsi pada web browser Mozilla Firefox, bagi anda yang belum punya silakan download di link ini:


Langkah langkah menggantinya:
  • Download Add Ons Mozilla yang benama Greasemonkey di link di bawah ini

  • Install Add Ons tersebut dengan men-dragnya ke halaman Mozilla anda, klik pilihan Install Now dan setelah selesai menginstallnya, restart Mozilla anda.
  • Setelah Mozilla anda muncul kembali, download script untuk mengganti logo Google, script ini dapat didownload di link ini:
  • Lihat pada pojok kanan bawah pada halaman Mozilla anda dan akan anda temukan icon Greasemonkey sudah terpajang di sana,

Klik kanan pada icon tersebut dan pilih New User Script isikan Name, Namespace, dan Description dengan Google atau sesuai keinginan anda dan isikan kolom includes dengan alamat Google (http://google.com). Klik OK
  • Kemudian pilih Tools pada tab menu Mozilla dan pilih Add-Ons, temukan Greasemonkey dan klik Option
  • Kemuadian muncul window Manage User Script, pilih script yang anda buat tadi pada kolom kiri dan klik Edit
  • Jika anda diminta untuk mencari program untuk mengedit javascript tersebut, pilih Notepad saja (C:\windows\notepad.exe). kemudian akan tampil jendela notepad untuk mengedit script seperti ini
  • Kemudian buka file javascript yang sudah anda download tadi dengan klik kanan, kemudian pilih Edit, copy semua kode di javascript tersebut dan paste ke notepad java script yang anda buat (tetapi sebelum itu, anda harus menghapus semua kodenya terlebih dahulu (kode pada notepad java script yang anda buat).
  • Jika sudah, simpan notepad tersebut. Dan buka http://www.google.com, klik dua kali pada tulisan “Google” dan anda akan menemui kotak kecil untuk mengganti huruf (G-O-O-G-L-E), ganti huruf-huruf tersebut dengan kata-kata yang anda inginkan dan simpan, anda pun bisa mengedit warnanya sesuai keinginan anda dengan mengetik urutan warna yang biasanya ada pada Google. Jika anda berhasil, halaman Google seperti ini
Akan berubah seperti ini (saya mengetesnya dengan kata “seph tian”)
  • Sekarang anda mempunyai halaman Google dengan lambang sesuai dengan keinginan anda. (cara ini jiga bisa diterapkan di browser Flock)

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar